3 Manfaat Belajar Coding Bagi Pelajar

Belajar coding saat ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan di zaman modern. Banyak orang yang mulai mempelajari coding untuk meraih kesempatan karir yang lebih baik.

Namun, jika Anda adalah seorang pemula, tahukah manfaat belajar coding dan cara mempelajarinya?

Manfaat Belajar Coding

Manfaat Belajar Coding

Belajar coding dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi para pelajar. Hal ini disebabkan karena belajar coding dapat membantu mereka meningkatkan daya pikir yang kritis dan kreatif, serta mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah.

Beberapa manfaat lain dari belajar coding adalah membuat pelajar lebih berkomitmen, membantu mereka menjadi lebih terorganisir, dan meningkatkan keterampilan berpikir abstrak.

1. Mengembangkan Kemampuan Berpikir

Ketika belajar coding, para pelajar akan mengembangkan kemampuan untuk memahami konsep yang lebih kompleks dan akademik.

Hal tersebut bisa membantu mereka mempelajari topik yang lebih sulit, yang akan meningkatkan nilai akademik mereka. Karena itu, belajar coding juga dapat membantu anak-anak menjadi lebih sukses dalam pelajaran lainnya.

Belajar coding juga dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan berpikir yang lebih tinggi.

Dengan belajar coding, anak-anak akan dapat memecahkan masalah dengan lebih baik dan membuat keputusan yang lebih tepat. Ini juga akan membantu anak-anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis.

2. Memahami Cara Kerja Komputer

Belajar coding untuk anak dapat bermanfaat bagi dirinya. Dengan belajar coding, anak-anak akan diperkenalkan pada konsep sederhana tentang cara kerja komputer.

Mengetahui cara kerja komputer akan membantu anak-anak memahami bagaimana komputer bekerja dan bagaimana mereka dapat menggunakan komputer untuk membantu kehidupan mereka.

3. Memunculkan Motivasi dan Meningkatkan Percaya Diri

Belajar coding juga akan membantu anak-anak menjadi lebih bersemangat dan berprestasi. Belajar coding akan meningkatkan rasa percaya diri mereka, membantu mereka menjadi lebih terorganisir, dan meningkatkan kreativitas mereka.

Belajar coding bisa menjadi salah satu cara yang menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar, jadi jangan ragu untuk memulai!

Belajar coding untuk pemula bisa dengan membaca buku, menonton video, dan mengikuti tutorial online. Anda dapat membantu anak-anak Anda meningkatkan keterampilan coding mereka dan membuka jalan untuk karir yang lebih baik di masa depan.

Cara Belajar Coding

Belajar coding bisa dilakukan dengan mempelajari secara otodidak, berselancar di situs belajar khusus coding, mengikuti komunitas penyuka coding, dan mengikuti bootcamp.

1. Otodidak

Cara belajar coding otodidak tergantung pada jenis kode yang Anda ingin pelajari. Anda dapat mempelajari coding secara otodidak dari internet bahkan buku.

2. Situs Belajar Coding

Banyak situs belajar coding yang tersedia di internet, yang bisa membantu Anda mempelajari coding dari nol. Beberapa situs belajar coding populer, seperti Khan Academy, Codecademy, dan FreeCodeCamp, dapat membantu Anda mempelajari berbagai jenis coding.

3. Berkomunitas

Anda juga bisa bergabung dengan komunitas coding dan bergaul dengan para ahli untuk memperoleh informasi tentang coding. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam tentang coding dan meningkatkan keterampilan Anda.

4. Bootcamp

Jika Anda merasa ingin lebih menguasai coding, maka solusinya adalah belajar secara lebih intensif. Dengan belajar di bootcamp, Anda bisa belajar dengan lebih efisien.

Salah satu penyedia bootcamp adalah Hacktiv8. Hacktiv8 merupakan tempat belajar coding di bootcamp yang sudah berhasil menetaskan lulusan-lulusan yang kompeten di bidang coding.

Dengan mengikuti bootcamp di Hacktiv8, meskipun tidak memiliki latar belakang IT, Anda dapat menjadi programmer yang kompeten.

Hanya dengan mengikuti program Full Stack JavaScript, Anda dapat menyandang status programmer handal dalam kurun waktu pembelajaran 16 minggu. Anda juga akan mendapat jaminan untuk bekerja di ratusan perusahaan hiring partner Hacktiv8 saat resmi lulus.

Belajar coding untuk pelajar memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat pelajar mempelajari coding adalah mengembangkan kemampuan berpikir, memahami cara kerja computer, dan meningkatkan motivasi dan rasa percaya dirinya.

Belajar coding dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Anda bisa belajar secara otodidak bahkan mengikuti bootcamp seperti Hacktiv8. Selamat menjadi programmer handal!