Buka Cafe Kekinian Tanpa Khawatir Modal, Inilah Tips Rancangan Modal yang Sukses

Saat ini, cafe kekinian sudah menjadi tempat favorit buat nongkrong, ngobrol santai, atau sekadar mencari spot Instagramable buat foto-foto. Tak heran kalau bisnis cafe lagi booming dan tak ada salahnya kamu ikutan meramaikan industri ini.

Supaya cafe kamu bisa bersaing dan tetap eksis di tengah persaingan ketat, kamu perlu punya rancangan modal yang jitu, misalnya memulai dengan pinjaman UMKM.

Lantas, apa saja rancangan modal untuk bikin cafe kekinian yang tepat? Yuk, simak deretannya di bawah ini!

Buka Cafe Kekinian Tanpa Khawatir Modal, Inilah Tips Rancangan Modal yang Sukses

1. Sewa Tempat

Salah satu bagian yang menjadi krusial dan umumnya membutuhkan pengeluaran yang cukup besar adalah mendapatkan tempat untuk cafe. Jika kamu belum memiliki tempat sendiri, tentu saja perlu menyewa terlebih dahulu. Biaya sewa tempat bisa bervariasi tergantung lokasi dan ukuran tempat, serta faktor strategisitasnya juga mempengaruhi harga sewa.

Namun, jika modal yang dimiliki belum mencukupi untuk menyewa satu ruangan secara keseluruhan, kamu dapat mempertimbangkan opsi lain, yaitu menyewa booth yang merupakan bagian dari suatu tempat usaha. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat menghemat biaya seperti listrik, air, retribusi, dan bahkan biaya perizinan.

2. Perabotan

Pengeluaran lain yang perlu diperhitungkan adalah perabotan yang akan menunjang operasional cafe kamu. Perabotan yang diperlukan akan tergantung pada jenis menu. Apakah kamu fokus pada penjualan minuman saja atau juga menyajikan makanan?

Jika kamu memutuskan untuk menyajikan minuman dan makanan yang sederhana, beberapa perabotan yang mungkin dibutuhkan antara lain kulkas, freezer, blender, gelas, mesin kopi, peralatan makan, meja, wajan, dan lain-lain.

Namun, jangan khawatir, masih ada solusi untuk menghemat budget. Kamu dapat menyediakan meja panjang yang cukup untuk empat orang. Pastikan meja ditempatkan sedemikian rupa sehingga pembeli tidak berhadapan langsung. Dengan cara ini, kamu dapat mengakomodasi 2-3 pembeli sekaligus, meskipun mereka tidak saling mengenal.

Selain itu, kamu juga bisa mengadopsi konsep takeaway untuk cafe kamu. Saat ini, banyak cafe yang menggunakan konsep ini dan tetap berhasil dalam penjualannya. Kuncinya adalah menyajikan menu yang lezat, aktif dalam promosi, dan tentu saja memberikan pelayanan terbaik untuk meningkatkan nilai bisnis kamu.

3. Bahan Makanan dan Minuman

Jika mengalami keterbatasan modal saat memulai usaha, fokuslah terlebih dahulu pada menu minuman. Hal ini karena menu minuman biasanya membutuhkan bahan-bahan yang lebih sedikit dibandingkan dengan menu makanan. Dengan cara ini, modal yang diperlukan juga lebih terjangkau.

Terdapat berbagai jenis minuman yang dapat kamu tawarkan, seperti kopi, teh, jus, dan lain sebagainya. Namun, jika tetap ingin menyajikan makanan, lebih baik fokus pada menu makanan yang sederhana. Pilihlah menu yang tidak membutuhkan terlalu banyak bahan dan mudah dalam proses pembuatannya. Beberapa ide makanan yang dapat kamu sajikan antara lain adalah sandwich, olahan kentang, tteokbokki, odeng, salad, dan masih banyak lagi.

4. Dekorasi

Pernahkah kamu mengunjungi suatu tempat yang bangunannya terkesan seperti bangunan tua di Eropa yang belum sepenuhnya selesai? Itulah yang disebut desain industrial. Desain ini menonjolkan struktur bangunan untuk menciptakan kesan yang belum selesai atau setengah jadi. Ironisnya, hal ini justru memberikan kesan hangat, nyaman, minimalis, dan artistik.

Bagi kamu yang ingin membuat cafe dengan estetika yang menarik namun dengan budget yang terbatas, dekorasi bertema industrial adalah pilihan yang tepat untuk dicoba. Kamu dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang dapat didaur ulang, seperti papan kayu, kaleng, besi, dan barang-barang antik. Selain itu, tidak perlu mengecat dinding, dan atap bangunan bisa dibiarkan terbuka untuk menciptakan kesan yang autentik.

5. Gaji Pegawai

Ketika mendirikan sebuah cafe kekinian, kamu tentu membutuhkan pegawai untuk menjalankan operasional usahamu. Sayangnya, membayar gaji pegawai setiap bulan bisa menjadi beban yang cukup besar, terutama jika kamu memiliki keterbatasan dana.

Namun, jangan khawatir, masih ada solusi yang bisa kamu terapkan. Mulailah dengan mempekerjakan dua orang untuk setiap shift kerja. Satu orang dapat bertugas sebagai kasir dan juga menjadi pelayan, sementara satu orang lagi bisa menjadi barista dan juga bertugas mencuci peralatan. Jika usahamu berkembang dan membutuhkan tenaga kerja tambahan, baru kamu bisa merekrut pegawai tambahan. Dengan cara ini, kamu dapat memangkas pengeluaran gaji pegawai.

Pinjaman UMKM bagi yang memerlukan modal usaha

Tertarik buka bisnis cafe kekinian tapi terhalang dana? Tenang! Kamu bisa mencoba menggunakan layanan pinjaman UMKM dari Fazz Business. Pengajuan pinjaman usaha ini super mudah yakni hanya melalui online.

Jadi, jangan biarkan keterbatasan dana menghambat impianmu, segera daftarkan bisnis kamu untuk dapat modal usaha lewat layanan loans dari Fazz Business dan wujudkan cafe kekinianmu!