Mengenal Surat Izin Pemanfaatan Air Tanah (SIPA)

Konsultan SIPA adalah salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat sedang melakukan proses pengambilan air tanah. Pertanyaannya, mengapa demikian?

Izin SIPA diperlukan dalam proses ini karena memang air tanah tidak bisa diambil begitu saja. Ada berbagai aspek prosedural dengan segala kelengkapannya yang perlu disiapkan.

Namun jika Anda ingin lebih ringkas, ada cara yang lebih mudah untuk mengurus SIPA. Ingin tahu lebih lengkapnya? Simak artikel berikut ini, yuk!

Tentang SIPA

Mengenal Surat Izin Pemanfaatan Air Tanah (SIPA)

Sebelum membahas lebih lanjut tentang konsultan SIPA, mari memulai dari definisinya terlebih dahulu. Hal ini diperlukan agar wawasan Anda semakin meningkat tentunya.

“Apa itu izin SIPA?”. SIPA adalah akronim atau singkatan dari Surat Izin Pengambilan Air Tanah. Tanpa adanya surat yang satu ini, jangan harap Anda bisa begitu saja memanfaatkan air tanah.

Jawabannya adalah surat izin yang digunakan sebagai tiket untuk memanfaatkan air tanah dalam debit tertentu dan keperluan tertentu.

Surat Izin Pemanfaatan Air Tanah SIPA harus diurus dengan baik dan benar karena pengambilan air tanah dapat berdampak negatif pada lingkungan. Secara spesifik, aspek yang akan terdampak adalah akuifer dan struktur tanah.

Aturan terkait izin SIPA terbilang ketat. Negara tidak segan-segan memberikan sanksi denda dan pidana apabila terbukti melanggar ketentuan.

Oleh karena itu, agar Anda tidak perlu repot-repot, serahkan perizinan ini pada konsultan pengurusan SIPA. Serahkan saja pada ahlinya dan surat izin siap digunakan.

Aspek Wajib dalam Pengurusan SIPA

Anda perlu memahami bahwa SIPA tidak akan terbit begitu saja bak sulap dari seorang maestro. Ada serangkaian proses yang perlu Anda ikuti dan tidak boleh ditinggalkan. Secara detail, berikut ini adalah mekanismenya:

1. Analisa Fisika dan Kimia

Inilah hal utama yang akan dibantu oleh konsultan SIPA. Sebelum diambil, Anda harus melakukan analisa fisika dan kimia terlebih dahulu terhadap air tanah yang akan dimanfaatkan.

2. Rekaman Sumur

Sama halnya dengan analisa di atas, hasil rekaman sumur adalah salah satu aspek yang wajib ada saat mengurus penerbitan SIPA. Tanpa adanya hal ini, izin SIPA tidak akan keluar.

3. Pemasangan Pompa

Selain bor, alat utama yang tidak boleh terlewatkan adalah pompa. Tanpa pompa, air tanah tidak akan bisa diambil bukan?

4. Uji Debit

Debit air yang ada dalam tanah pun perlu diuji terlebih dahulu, apabila diambil apakah akan mengganggu stabilitas atau tidak. Pastikan Anda tidak melewatkan proses ini.

Rekomendasi Konsultan SIPA

Rekomendasi Konsultan SIPA

Menimbang pentingnya izin ini dan berbagai aspek yang harus dipenuhi, rasanya paling tepat apabila Anda memanfaatkan jasa konsultan SIPA. Anda cukup sampaikan kebutuhan dan konsultan yang akan mengerjakan segalanya.

Lantas, berapakah biaya pengurusan izin SIPA? Nominal yang dibayarkan bergantung pada tingkat kedalaman sumur yang Anda buat. Adapun nominal terendah mulai dari Rp 1.000.000,-.

Dengan ketatnya aturan terkait izin SIPA, maka serahkan saja pengurusannya pada Galaxy Teknik. Pengalaman selama 10 tahun telah membuktikan sepak terjangnya dalam pengurusan izin yang satu ini.

Tenaga profesional, ramah lingkungan, dan akurat. Itulah yang membuat Anda harus menuju Galaxy Teknik.

Kini Anda sudah tidak perlu bingung lagi jika membutuhkan konsultan SIPA. Mengingat pentingnya izin ini dan begitu banyak aspek yang harus dipenuhi, serahkan saja pada ahlinya. Segera kunjungi situs Galaxy Teknik untuk informasi lebih lanjut, ya!