Prospek Kerja Lulusan Prodi Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Sebagaimana namanya, sebuah bisnis perlu dimanajemen agar berkembang dengan baik. Di sinilah peran manajemen bisnis dibutuhkan, sehingga banyak perusahaan yang mencari lulusan manajemen bisnis yang baik.

Prodi manajemen pada akhirnya menjadi program studi yang banyak diminati para mahasiswa karena prospek pekerjaannya yang terbilang cerah. Tak heran jika prodi manajemen bisnis juga dijadikan program kelas karyawan untuk meningkatkan kinerja karyawan perusahaan.

Mengenal Lebih Dekat Prodi Manajemen Bisnis

Mengenal Lebih Dekat Prodi Manajemen Bisnis

Prodi manajemen bisnis adalah program studi dalam perkualiahan yang mengajari tentang cara mengatur sebuah bisnis. Baik perusahaan yang baru maupun perusahaan yang sudah beroperasi dalam kurun waktu yang lama.

Manajemen bisnis menjadi prodi yang cukup populer di kampus karena memiliki 3 alasan yang menarik perhatian, diantaranya :

1. Lulusan Prodi Manajemen Bisnis Banyak Dicari Perusahaan

Sudah menjadi rahasia umum jika banyak perusahaan yang mencari lulusan prodi manajemen bisnis untuk membantu mengembangkan perusahaan. Hal ini dikarenakan jurusan manajemen bisnis mengajarkan cara untuk memanajamen sebuah bisnis dengan baik.

Perusahaan yang baru dirintis maupun yang sudah berjalan, tentunya membutuhkan manajemen yang baik untuk mengolah bisnisnya agar dapat berkembang dengan baik pula. Dengan demikian, prospek kerja di bidang ini pastilah banyak. Sehingga karir pun mudah didapatkan.

Kebutuhan perusahaan akan manajemen bisnis membuat perusahaan terkadang juga menyekolahkan kembali karyawannya untuk mempelajari jurusan manajemen bisnis hingga S2. Hal inilah yang membuat kampus membuka program kelas karyawan untuk prodi manajemen.

2. Prodi Manajemen Bisnis Dapat Masuk Ke Berbagai Bidang Industri

Prodi manajemen bisnis rupanya bisa masuk ke segala bidang industry. Baik ritel, logistic, distribusi, property, trading, sampai e-commerce dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jurusan manajemen bisnis juga bisa berkembang tak hanya di perusahaan saja, melainkan bisa masuk ke badan pemerintahan bahkan organisasi internasional. Jangkauan karirnya sangat luas.

3. Bisa Menjadi Pondasi Kuat Memulai Usaha Sendiri

Mau menjadi entrepreneur sejati. Prodi manajemen bisnis bisa menjadi pilihan prodi yang paling tepat karena segala hal mengenai bisnis mulai dari nol hingga puncak, diajarkan di sini. Itulah mengapa jurusan manajemen bisnis juga cocok untuk dijadikan pondasi bagi mereka yang ingin menjadi pengusaha.

Menjalankan usaha sendiri tentu berbeda dengan bekerja sebagai karyawan di perusahaan orang lain. Hal itu tak menjadi halangan bagi lulusan prodi manajemen bisnis, karena sudah dibekali ilmu yang matang selama perkuliahan. Inilah yang menjadikan calon pengusaha lebih siap menghadapi tantangan di dunia bisnis.

Prospek Kerja Prodi Manajemen Bisnis

Jurusan manajemen bisnis mengajarkan berbagai hal mengenai dunia bisnis, seperti cara pengelolaan organisasi, administrasi bisnis, strategi bisnis dan masih banyak lagi lainnya.

Ada banyak tantangan pekerjaan yang bisa dipelajari dari silabus prodi manajemen bisnis. Lulusan manajemen bisnis sudah terbiasa mengatasi masalah dalam dunia bisnis, sehingga prospek kerjanya pun semakin luas karena memiliki kemampuan mengatasi masalah dengan baik.

Beberapa prospek kerja dari lulusan jurusan manajemen bisnis ini diantaranya :

1. Posisi Manajerial

Lulusan prodi manajemen bisnis sudah diajari cara mengatasi berbagai masalah dalam dunia bisnis. Sehingga kemampuannya untuk mengatasi masalah yang terjadi dalam sebuah perubahan dapat diandalkan dengan baik.

Tugas mengatur perusahaan dari berbagai masalah tersebut biasanya diserahkan kepada manager perusahaan. Lulusan prodi manajemen bisnis bisa menjadi manager di berbagai perusahaan yang ada.

2. Analis Bisnis

Kemampuan menganalisa bisnis di sebuah perusahaan juga menjadi tanggung jawab lulusan manajemen bisnis. Profesi ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui sampai sejauh mana perkembangan perusahaan. Sehingga dapat diambil kebijakan untuk melakukan berbagai inovasi yang menguntungkan.

3. Business Development

Business development dalam sebuah perusahaan memegang peranan penting untuk menentukan perusahaan maju atau berkembang. Tugasnya melakukan riset pasar dan perkembangan bisnis, bekerja dengan divisi lain untuk memenuhi kebutuhan pasar, mencari peluang baru dan menjaga relasi yang baik dengan klien dan masih banyak lagi.

Dengan kata lain, business development menentukan langkah perusahaan ke depannya. Sehingga perkembangan perusahaan dapat dipersiapkan dengan baik.

4. Marketing & Sales Executive

Marketing bertugas untuk mempromosikan apapun yang ada dalam perusahan. Tujuannya agar masyarakat mengenal produk perusahaan dengan baik. Kegiatan promosi juga menentukan maju tidaknya perusahaan, sehingga omzet yang didapatkan bisa meningkat.

5. Entrepreneur

Entrepreneur atau pengusaha adalah orang yang membangun usaha atas nama pribadi. Jadi bidang usaha yang dijalankan dimulai dari awal oleh pengusaha itu sendiri. kemampuan mengolah bisninya didapat dari ilmu yang didapat dari manajemen bisnis.

Pengusaha yang baik akan siap siaga menghadapi berbagai masalah yang timbul selama menjalankan bisnis yang dirintisnya. Lulusan manajemen bisnis akan lebih siap menghadapi berbagai masalah usaha dan mencari inovasi terbaik demi kemajuan perusahaan miliknya.

6. Pemimpin Perusahaan

Kemampuan mengatasi masalah bisnis juga harus dimiliki oleh pemimpin sebuah perusahaan. Sebagai pemimpin, segala hal yang berhubungan dengan bisnis yang dijalaninya harus bisa diatasi dengan baik. Itulah kenapa lulusan manajemen bisnis punya peluang besar untuk menjadi pemimpin perusahaan.

Belajar Manajemen Bisnis di Ma’some University

Belajar Manajemen Bisnis di Ma’some University

Ma’soem University adalah perguruan tinggi islami yang mengajarkan ilmu bisnis dengan sudut pandang Islam. Visinya menjadi perguruan tinggi yang bermutu tinggi dengan karakter cageur, Bageur dan pinter.

Belajar bisnis di jurusan manajemen bisnis yang ada di Ma’some University akan lebih bijak, karena diajari cara mengelola usaha menurut syariat Islam seperti cara menghindari riba dan berdagang menurut Rasulullah SAW.

Masoem University dibangun untuk mencetak lulusan manajemen bisnis yang mampu membangun usaha secara Islami berdasarkan prinsip syariah. Lulusannya pun lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja di luar sana dan menjadi pribadi entrepreneur yang menjunjung tinggai nilai agama.

Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai kelas di prodi manajemen bisnis, bisa langsung mengunjungi kampus Ma’soem University di Jalan Raya Cipacing no 22 Jatinagor Jawa Barat. Kode Pos 45362 atau mengunjungi websitenya di www.masoemuniversity.ac.id.