Tips Mengatasi Kutu Air di Tangan: Solusi Cepat dan Efektif

Kutu air di tangan memang sangat mengganggu, membuat aktivitas jadi tidak nyaman. Itulah kenapa penyakit satu ini harus diatasi dengan segera supaya gejalanya tidak menyebar ke area tubuh yang lain. Sayangnya masih belum banyak yang tahu cara efektif mengatasi kutu air.

Kutu air disebabkan oleh infeksi jamur yang mana gejalanya pun sangat beragam. Di antaranya seperti kulit yang bersisik hingga mengelupas, gatal, kulit merah-merah sampai adanya benjolan yang berisikan cairan. Lalu, sebenarnya apa yang menyebabkan penyakit ini terjadi?

Penyebab Kutu Air

Penyebab utamanya memang infeksi jamur yang membuat penyakit ini mudah menular, tapi selain itu ada pula faktor penyebab lain yang membuat gejalanya semakin parah. Berikut faktor penyebab kutu air di tangan yang harus diperhatikan:

  • Iklim yang lembab dan terasa panas.
  • Terjadinya kontak kulit dengan penderita kutu air lainnya.
  • Sering berbagi pakaian atau handuk dengan orang lain khususnya saat sedang berkeringat.
  • Kerap kali bersentuhan dengan hewan ternak atau peliharaan.
  • Sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah karena penyakit tertentu seperti kanker atau HIV.

Bagaimana Cara Mengatasi Kutu Air di Area Tangan?

Tips Mengatasi Kutu Air di Tangan: Solusi Cepat dan Efektif
Tips Mengatasi Kutu Air di Tangan: Solusi Cepat dan Efektif

Ada banyak sekali cara menghilangkan kutu air yang bisa Anda lakukan terutama dengan bahan alami. Apa saja bahan alami yang dimaksud?

1. Baking Soda

Bahan satu ini termasuk mudah didapatkan dan bisa mengatasi cenang di tangan Anda. Baking soda mampu melawan adanya infeksi jamur yang Anda alami dan yang menjadi penyebab peradangan di kulit.

Cara mengatasinya cukup dengan menyiapkan setengah cangkir atau sekitar 115 gram baking soda yang sudah diisi oleh air hangat. Rendam bagian yang terinfeksi kutu air seperti di tangan atau kali kurang lebih 15 hingga 20 menit selama 2 kali sehari.

2. Garam

Garam punya sifat anti jamur sekaligus anti bakteri yang membuat bahan ini sangat cocok dijadikan sebagai cara mengatasi penyebab kutu air. Nantinya bahan satu ini akan mencegah kutu air semakin menyebar dan membuat pertumbuhan bakteri jadi terhambat.

Cukup larutkan garam dalam baskom berisi air kemudian rendam bagian yang terkena kutu air tersebut selama 20 menit agar hasilnya maksimal. Lalu jangan lupa untuk mengelap area yang sudah direndam sekering mungkin supaya tidak memicu pertumbuhan bakteri lagi.

3. Tea Tree Oil

Bahan lainnya yang bisa jadi cara menghilangkan kuman air di tangan yaitu Tea Tree Oil. Obat alami ini bahkan telah dipercaya selama lebih dari puluhan tahun lamanya karena memiliki sifat anti jamur, anti bakteri hingga antiseptik yang membuatnya sangat direkomendasikan.

Namun, penggunaan Tea Tree Oil tetap harus melalui konsultasi dokter lebih dulu. Sebab dikhawatirkan kalau obat ini memicu efek samping. Agar bisa mengatasi gejala seperti bengkak, gatal dan panas, Anda cukup perlu mengoleskan minyak ini ke area yang terinfeksi.

Sebenarnya ada banyak sekali obat yang bisa diberikan untuk mengatasi kutu air, dari yang alami hingga obat medis. Walaupun bisa membeli secara bebas, tapi tetap saja harus konsultasi dengan dokter dulu agar gejalanya tak semakin parah.

Memiliki profesi di bidang kesehatan terutama farmasi memang sulit karena artinya harus update dengan segala informasi yang ada. Namun, Anda tak perlu khawatir karena adanya organisasi farmasi seperti PAFI akan membantu supaya Anda tidak ketinggalan informasi.

Pafikabmadiun sudah berdiri bertahun-tahun dan menjadi wadah bagi para anggotanya untuk terus mendalami ilmu farmasi yang dimiliki. Adanya wadah seperti ini membuat Anda bisa memahami dunia farmasi dengan lebih baik lagi.