14 Manfaat Minyak Kelapa, Ternyata Banyak Banget

Minyak kelapa merupakan minyak nabati dengan segudang manfaat. Kandungan alaminya memiliki khasiat untuk kesehatan maupun kecantikan. Harga minyak kelapa juga ramah di kantong.

Msds minyak kelapa yang baik merupakan minyak kelapa murni atau VCO (virgin coconut oil) yang diekstrak dengan mesin pembuat minyak kelapa dari kelapa yang sudah matang tanpa bahan kimia tambahan dan diolah menggunakan suhu yang tidak terlalu tinggi. Dengan kualitas yang baik, komponen alami yang terkandung tidak rusak maupun hilang.

Yuk simak berbagai manfaat minyak kelapa dari sisi kesehatan maupun kecantikan!

Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

1. Alternatif Minyak Goreng Sawit untuk Diet

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan mengurangi kalori pada porsi makan. Dengan menggunakan mesin pengolah kelapa sawit menjadi minyak goreng, dapat jadi alternatif yang baik pengganti minyak goreng biasa.

Minyak kelapa dapat merangsang metabolisme tubuh menjadi lebih baik sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Mengurangi LDL dan Menaikan HDL dan Kesehatan Jantung

Low density lipoprotein (LDL) atau dikenal dengan kolesterol jahat dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh jika terlalu tinggi. Hal tersebut dapat dikurangi dengan mengganti minyak goreng sawit dengan minyak kelapa.

Selain menurunkan kadar lemak jahat, minyak kelapa dapat menambah kadar kolesterol baik. Efek ini dapat memelihara kesehatan jantung dan aliran darah pada tubuh.

3. Mencegah Diabetes

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat memperbaiki toleransi tubuh terhadap glukosa.

Contohnya pada kasus diabetes melitus 2, kandungan pada minyak kelapa dipercaya dapat memperbaiki sensitivitas hormon insulin.

4. Antioksidan dan Antibiotik untuk Tubuh

Kandungan senyawa phenolic yang ada pada minyak kelapa murni merupakan sumber antioksidan yang baik.

Berbagai senyawa yang terkandung pada minyak kelapa berfungsi untuk menunjang pertumbuhan probiotik yang memiliki fungsi melawan bakteri jahat dan jamur juga memiliki sifat antibiotik.

5. Kesehatan Hati

Mengutip studi yang dimuat pada Journal of The Science of Food and Agriculture, mengonsumsi minyak kelapa dapat menjaga kesehatan hati Anda.

Eksperimen pada studi tersebut menguji tikus yang memiliki masalah kesehatan pada hati. Kelompok diet tikus dibagi menjadi dua: mengonsumsi minyak kelapa dan tidak.

Hasil studi menunjukkan, tikus yang mengonsumsi minyak kelapa setelah 4 pekan memiliki kesehatan liver (hati) yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak.

6. Baik untuk Kesehatan Gigi

Apakah Anda tahu bahwa minyak kelapa dapat digunakan sebagai obat kamar alami yang baik untuk menjaga kesehatan mulut?

Untuk mencegah gigi berlubang terdapat teknik yang bernama oil pulling (menarik minyak). Mirip dengan pemakaian obat kumur modern, Anda dapat mengoles minyak pada rongga mulut dan berkumur agar merata di dalam mulut.

7. Meningkatkan Fungsi Otak hingga Mengurangi Resiko Alzheimer

Keton yang terkandung pada minyak kelapa dikenal baik untuk memori pada otak. Keton dinilai sangat baik untuk memelihara kesehatan otak saat tubuh memiliki kandungan glukosa yang rendah.

Berbagai studi telah dilakukan dan menunjukkan adanya potensi minyak kelapa dalam menurunkan resiko penyakit Alzheimer mesti perlu diselidiki lebih mendalam.

Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Manfaat minyak kelapa sangat banyak sehingga bukan hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

1. Mengobati Jerawat

Kandungan asam laurat pada minyak kelapa murni dapat meredakan peradangan serta melawan bakteri pada jerawat.

2. Melembabkan Bibir

Bibir rawan kering karena mulut kita sering terekspos udara yang dapat menyebabkan bibir kita kering.

Minyak kelapa murni jika didiamkan pada suhu ruangan akan berubah tekstur lebih padat dan berwarna putih. Tekstur VCO yang menyerupai krim dapat diaplikasikan pada bibir sebagai pelembab alami.

3. Melembabkan Kulit

Cara merawat wajah dengan minyak kelapa salah satunya adalah dengan menggunakannya sebagai pelembab.

Bersifat non-comedogenic, minyak kelapa banyak disarankan sebagai pelembab kulit yang terbuat dari bahan alam. Minyak kelapa murni bagus digunakan untuk menjaga kelembaban kulit tubuh maupun kulit wajah.

4. Mencegah Stretch Mark

Bagi Anda yang sedang hamil dan ingin menjaga elastisitas kulit, terutama kulit perut yang rawan akan stretch mark pada masa kehamilan, minyak kelapa murni bisa menjadi solusinya!

Dilansir dari Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology mengaplikasikan minyak kelapa saat kehamilan pada perut dan panggul (bagian kulit yang mengalami peregangan) dapat meminimalisir adanya stretch mark.

5. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kepala

Sudah tidak asing lagi kegunaan minyak kelapa untuk rambut dan perawatan kulit kepala. Dengan mengoleskan minyak kelapa murni pada kepala hingga rambut dapat membuat rambut lebih mengkilap, subur dan tebal, hingga mengatasi ketombe rambut.

6. Pembersih Make-up Alami

Minyak kelapa dengan tekstur yang kental dapat mengangkat riasan wajah yang ada di kulit wajah Anda, sehingga pori-pori wajah bersih dari kotoran dan tidak tersumbat.

7. Merawat Kesehatan Kuku

VCO kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan dan pertumbuhan kuku. Kandungan lemak pada minyak kelapa dapat membuat kuku tetap terhidrasi sehingga tumbuh dengan kuat.

Cari Minyak Kelapa Murni Berkualitas? Di Sesa.id Aja!

Cari Minyak Kelapa Murni Berkualitas? Di Sesa.id Aja!

Minyak kelapa murni berkualitas baik dengan harga beragam tersedia di Sesa.id, sehingga dapat dipilih menyesuaikan dengan budget Anda.

Jadi, dapatkan berbagai produk minyak kelapa murni berkualitas tinggi secara mudah hanya dengan belanja di aplikasi Sesa.id yang dapat ditemukan di appstore dan playstore smartphone Anda!

Sumber :

  • https://sesa.id/minyak-kelapa-kara-5000-ml.html
  • https://hot.liputan6.com/read/3941380/12-manfaat-minyak-kelapa-untuk-kesehatan-dan-kecantikan
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-minyak-kelapa-kesehatan/
  • https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-minyak-kelapa