5 Sistem Pembayaran Favorit di Indonesia

Anda pengguna aplikasi belanja online? Bagaimana biasanya Anda membayar barang-barang yang sudah masuk dalam keranjang belanja? Tentu ada beberapa opsi sistem pembayaran yang bisa dipilih bukan?

Semakin luasnya pengaruh dunia digital dalam kehidupan masyarakat turut berpengaruh kepada transaksi keuangan. Termasuk di dalamnya adalah pilihan sistem pembayaran.

Kemudahan yang bisa dinikmati oleh pengguna transaksi digital ini tentunya didorong oleh perkembangan teknologi yang membuat hubungan antarmanusia di jagad digital menjadi makin praktis, cepat, dan dekat. Sebut saja kemudahan sistem pembayaran non tunai yang menggantikan pembayaran tunai.

Memahami Sistem Pembayaran di Era Digital

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan sistem pembayaran itu? Ternyata istilah ini diatur dalam undang-undang, bukan sekadar istilah saja. Merujuk pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999, sistem pembayaran dimaknai sebagai seperangkat tata cara, termasuk mekanisme di dalamnya yang mengatur tentang bagaimana dana berpindah dari satu pihak ke pihak lainnya karena sebuah kewajiban dalam kegiatan ekonomi,

Artinya, ketika ada transaksi maka ada kewajiban dari satu pihak untuk membayar kepada pihak lain. Pembayaran ini melibatkan perpindahan dana. Sistem pembayaran adalah cara dana berpindah.

Tujuan utama dari sistem pembayaran adalah memenuhi kewajiban suatu pihak terhadap pihak lain. Kewajiban yang dimaksud adalah yang timbul dari sebuah transaksi, yaitu kewajiban membayar sejumlah dana.

Sistem Pembayaran Favorit di Indonesia

Sistem Pembayaran Favorit di Indonesia

Secara umum, sistem pembayaran dilakukan secara tunai dan non tunai. Anda tentu tahu bahwa pembayaran tunai melibatkan uang fisik, ada uangnya, ada wujudnya. Sementara sistem pembayaran non tunai menggunakan banyak alat pembayaran, selain melibatkan uang fisik.

Lalu, apa saja sistem pembayaran yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia? Berikut 5 sistem pembayaran yang paling disukai Sebagian besar masyarakat kita.

1. Transfer Bank

Inilah sistem pembayaran yang banyak disukai masyarakat karena kemudahannya. Dengan banyaknya mesin ATM yang ditemukan di tempat umum dan minimarket, maka transfer bank menjadi sistem pembayaran yang paling mudah dan paling banyak dipakai.

Bank-bank di Indonesia sendiri secara kontinyu melakukan terobosan metode transfer bank. Sebut saja fasilitas selain transfer dari mesin ATM, misalnya mobile banking, SMS banking, atau internet banking. Transfer semakin mudah dalam genggaman tangan.

2. Kartu Debit

Sistem pembayaran mudah favorit orang Indonesia lainnya adalah dengan kartu debit. Kartu debit menjadi favorit karena bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tanpa mesin ATM. Semakin banyaknya merchant yang dilengkapi dengan mesin EDC, memudahkan pembayaran lewat kartu debit.

Tidak hanya transaksi dalam jumlah kecil, transaksi dalam jumlah besar pun masih menggunakan kartu debit. Dengan memasukkan kartu dan kemudian mengisikan kode PIN, pemilik kartu langsung bisa menyelesaikan transaksi secara mudah dan real time.

3. Dompet Digital

Dompet digital merupakan sebuah aplikasi elektronik yang dipakai penggunanya untuk membayar transaksi secara online. Lewat aplikasi berarti tidak perlu kartu dan tentu saja tanpa uang tunai. Dengan bermodalkan smartphone transaksi keuangan makin mudah diselesaikan.

Sistem pembayaran ini dinilai praktis dan lebih aman. Pasalnya, ada kata sandi dan PIN yang bisa diakses oleh pemilik akun saja.

4. Cash on Delivery (COD)

Anda yang sering melakukan pembelian melalui marketplace pasti sering mendengar tentang COD. Pernahkah mencoba sistem pembayaran ini?

COD adalah sebuah sistem pembayaran di mana pembeli membayar ketika barang diterima. Di Indonesia COD dilakukan secara tunai, sementara di negara lain COD bisa dibayar melalui sistem pembayaran non tunai.

5. Kartu Kredit

Pembayaran dengan kartu kredit bersifat non tunai. Sistem pembayaran ini memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi di awal dan pihak bank penerbit kartu yang akan membayar dahulu. Setelah itu Anda diharuskan membayar sejumlah nominal tertentu, sesuai aturan bank yang berlaku di awal bulan.

Midtrans, Solusi Gerbang Pembayaran Digital

Dengan banyaknya pilihan sistem pembayaran, yang semakin lama meninggalkan pembayaran tunai, tentu tuntutan pembayaran yang mudah bagi kedua pihak yang bertransaksi sangatlah dibutuhkan. Midtrans adalah solusi bagi pelaku usaha startup atau rintisan, usaha skala menengah dan skala besar.

Midtrans adalah cara cerdas untuk menerima pembayaran di mana saja dan kapan saja. Dengan Midtrans Anda bisa melakukan pembayaran yang mudah, karena Midtrans bisa membantu pengembangan bisnis online Anda dan meningkatkan skala perusahaan Anda.

Midtrans membantu baik pemilik bisnis maupun konsumen untuk fokus pada pengembangan usaha. Segala transaksi keuangan akan tercatat dan terlaksana dengan mudah lewat Midtrans. Jangan khawatir akan keamanan transaksi keuangan Anda karena Midtrans sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia.

Tak hanya bisnis online, bisnis offline pun akan sangat terbantu dengan keunggulan Midtrans. Catat saja sistem instant receipt printing, alias cetak struk transaksi. Konsumen pun tenang karena ada bukti transaksi tercetak yang bisa disimpan.

Jenis pembayaran beragam baik kartu debit, kredit, maupun dengan dompet digital lewat scanning QRIS pun menjadi nilai plus Midtrans. Midtrans adalah solusi pembayaran di era digital yang mudah, cepat, dan akurat.

Setelah mengenal berbagai sistem pembayaran, kini Anda bisa bertransaksi dengan tenang dan leluasa. Sistem pembayaran favorit di Indonesia, baik melalui transfer bank, kartu debit, dompet digital, COD, dan kartu kredit punya kelebihan yang disuka oleh penggunanya. Bijaklah dalam bertransaksi dan jika menggunakan payment gateway, pilih yang sudah mendapat lisensi resmi dari Bank Indonesia seperti Midtrans.