13 Tips Mencari Kos Kosan ala Mas Mbak SCBD

Mencari kos kosan bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan. Misalnya biaya sewa kost setiap bulannya yang harus menyesuaikan dengan budget.

Tidak hanya itu saja, fasilitas lengkap dengan lokasi yang strategis tentunya lebih menguntungkan. Terlebih jika akses menuju tempat kerja dilalui transportasi umum.

Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih tenang karena tidak terkendala oleh angkutan umum. Mungkin saat ini, Anda membawa kendaraan pribadi, akan tetapi bagaimana jika kendaraan rusak atau mogok?

Tentunya transportasi umum solusi terbaik agar aktivitas tetap berjalan seperti biasanya. Tidak datang terlambat hanya karena urusan kendaraan.

Tips Mencari Kos Kosan di Jakarta Selatan

Tips Mencari Kos Kosan di Jakarta Selatan

saat mencari tempat kos Anda bisa bertanya pada teman, mencari di internet atau dengan mengikuti beberapa tips. Seperti, tips mencari kos kosan ala Mas Mbak SCBD agar mendapatkan tempat tinggal sementara terbaik.

Adapun hal-hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu;

1. Tentukan Budget Sewa kost

Untuk mempermudah ketika mencari tempat kos maka Anda dapat menentukan budget terlebih dahulu. Misalnya budget Anda maksimal 2 juta per bulan.

Maka sebaiknya tidak memilih tempat kos yang melebihi budget. Ditakutkan kedepannya Anda akan mengalami masalah keuangan.

2. Menentukan Jangka Waktu Sewa

Budget sewa bisa juga dengan menyesuaikan jangka waktu sewanya. Sewa kost bulanan berbeda dengan harian atau tahunan. Untuk itu pilihlah jangka waktu yang sesuai Anda inginkan.

3. Cek Fasilitas Kos

Penting untuk memperhatikan fasilitas tempat kost. Baik itu fasilitas bersama atau kamar yang akan ditempati. Semakin lengkap maka akan memudahkan kamu untuk menyediakan barang yang belum ada.

Misalnya tersedia fasilitas berupa kasur, lemari, tv hingga WIFi. Dengan sewa kost terlengkap dapat mengurangi pengeluaran sehari-hari.

4. Tersedia Tempat Parkir

Masih berhubungan dengan fasilitas sewa kost buat Anda yang membawa kendaraan pribadi akan lebih baik memilih kos kosan yang menyediakan tempat parkir. Khususnya buat Anda yang tinggal di kota besar akan sulit jika tidak ada lokasi kendaraan.

5. Lokasi Strategis

Ketika Anda menemukan sewa kost terlengkap dan sesuai dengan budget, maka cek juga lokasinya. Apakah dekat dengan tempat kerja atau tidak. Alangkah baiknya memilih lokasi sewa kost yang tidak terlalu jauh untuk menghemat lebih banyak waktu.

6. Dekat dengan Transportasi Umum

Anda dapat mencari kos-kosan yang dekat dengan transportasi umum. Misalnya cukup dengan berjalan kaki 5 menit.

Semakin banyak pilihan transportasi umum maka akan lebih baik lagi. Karena, jika transportasi A penuh bisa menggunakan yang lainnya. .

7. Keamanan

Sewa kost bulanan maupun harian akan lebih baik jika keamanan pun terjamin. Misalnya ada sekuriti yang akan menjaga selama 24 jam atau terdapat Kamera CCTV.

8. Cek Lingkungan Tempat Sewa Kost.

Mengenal lingkungan tempat kos kosan akan membuat Anda lebih paham mengenai tempat tinggal. Lokasi yang aman dan tentram tanpa berpikir banyak. Selain itu untuk memastikan apakah dekat dengan tempat makan, supermarket, dan sebagainya.

9. Teliti dengan Perjanjian Sewa

Beberapa kos-kosan menyediakan surat perjanjian sewa kost. Untuk itu, cek dengan teliti isinya, apakah sudah sesuai atau ada hal yang akan merugikan Anda.

10. Status Kos

Maksud status di sini yaitu apakah kos-kosan tersebut khusus untuk perempuan atau Laki-laki saja. Selain itu, tersedia juga kos-kosan campur.

11. Peraturan Sewa Kost

Setiap tempat kos memiliki peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap penyewa. Jangan sampai melanggar, karena takutnya membuat penghuni lainnya menjadi terganggu.

12. Perhitungkan Biaya Sehari-hari

Walau sudah menentukan budget untuk sewa kost, akan tetapi Anda juga harus membuat rincian pengeluaran. Berupa detail uang untuk makanan, token listrik, bensin, dan sebagainya.

13. Gunakan Aplikasi Sewa Kost

Mencari sewa kost terlengkap Anda bisa cek di aplikasi khusus yang menyediakan informasi seputar kos kosan. Berupa sewa kost, fasilitas, dan masih banyak lagi.

Demikian tips mencari kos-kosan ala Mas Mbak SCBD. Pilihlah tempat sewa kost yang sesuai dengan budget dan yang Anda harapkan. Jangan sampah malah salah pilih sewa kost.