7 Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Mobil merupakan salah satu aset yang harus dilindungi, pasalnya harga mobil saat ini apalagi dengan tahun baru tidaklah murah bahkan harganya mencapai ratusan bahkan milyaran rupiah.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada asset seperti mobil adalah menggunakan jasa asuransi, dimana dengan diasuransikan maka ada jaminan untuk mendapatkan perlindungan dengan syarat membayar sejumlah premi.

Asuransi mobil sendiri terdapat beberapa jenisnya yang pertama adalah asuransi mobil all risk dan asuransi kendaraan mobil total loss only atau biasa dikenal dengan TLO.

Perbedaan dari kedua jenis asuransi mobil tersebut ada pada risiko yang ditanggung jika terjadi sesuatu, pada asuransi mobil all risk pihak asuransi akan menanggung semua resiko jika terjadi kecelakaan misalnya.

Sementara itu pada jenis asuransi total loss only atau TLO pihak asuransi hanya akan menanggung kerusakan yang parah saja.

Dari dua jenis asuransi kendaraan mobil tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda karena setiap orang akan memiliki preferensi yang berbeda dalam hal asuransi.

Jika Anda sedang mencari asuransi mobil Anda, daripada Anda harus bingung tidak tau mencarinya dimana, Anda bisa mencoba untuk mencarinya di marketplace asuransi https://lifepal.co.id/.

Di lifepal selain memilih perusahaan asuransi yang tersedia, Anda juga bisa melakukan cek premi asuransi mobil Anda berapa kisarannya baik all risk atau TLO.

Jenis Asuransi Mobil yang Ada di Indonesia

Jenis Asuransi Mobil yang Ada di Indonesia

Namun sebelum memutuskan untuk memilih jenis asuransi mana yang ingin Anda gunakan, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu jenis-jenis asuransi yang disediakan oleh berbagai perusahaan.

Mengapa Anda perlu mengetahui jenis asuransi mobil yang disediakan, karena hal ini pastinya berhubungan langsung dengan premi dari asuransi itu sendiri.

Dimana saat ini untuk masalah premi tergantung dari jenis dan kondisi awal dari mobil itu sendiri.

1. Asuransi Mobil All Risk

Jenis pertama adalah asuransi kendaraan mobil. Lalu untuk asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung? jawabannya adalah semuanya jika terjadi insiden.

Karena polis asuransi mobil yang dilakukan adalah all risk secara otomatis preminya juga akan berbeda atau lebih mahal dari jenis lainnya.

2. Asuransi Mobil TLO

Untuk asuransi mobil TLO dimana asuransi ini hanya akan menanggung biaya perbaikan dengan kerusakan dari mobil sama dengan atau lebih dari 75 persen.

Selain itu jika pengguna asuransi mobil TLO kehilangan mobilnya maka perusahaan asuransi akan memberikan atau menanggung biaya penggantian. Untuk masalah premi jelas lebih kecil dibandingkan asuransi all risk.

3. Asuransi Mobil Perlindungan Diri Sendiri

Dimana asuransi ini akan memberikan perlindungan kepada pembayar premi yang melakukan kecelakaan tunggal atau kecelakaan sendiri.

Pembayar premi dari jenis asuransi ini akan mendapatkan ganti rugi dari perusahaan.

4. Asuransi Mobil Collision Coverage

Asuransi mobil jenis ini adalah asuransi mobil yang secara spesifik menanggung biaya pengobatan jika membayar preminya mengalami kecelakaan di jalan.

Selain biaya pengobatan dari pemilik mobil yang mengalami kecelakaan, perusahaan asuransi juga akan memberikan ganti rugi atau biaya perbaikan untuk mobilnya.

Dimana biaya ganti rugi nantinya bisa sesuai dengan harga mobil yang dimiliki oleh si pembayar premi.

5. Asuransi Mobil Liability

Asuransi jenis ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis sebelumnya, perbedaan utamanya pada asuransi ini ada tambahan biaya ganti rugi untuk penumpang.

Jadi jika Anda pengguna asuransi ini maka penumpang yang bersama Anda saat mengalami insiden kecelakaan juga akan diberikan ganti rugi atau perawatannya akan ditanggung perusahaan.

Sebagai informasi saja bahwa saat ini selain asuransi mobil konvensional juga sudah banyak asuransi mobil syariah.

Untuk menemukannya Anda bisa menggunakan marketplace asuransi https://lifepal.co.id/.

6. Asuransi Mobil Gabungan

Asuransi mobil gabungan merupakan jenis asuransi yang menggabungkan jenis all risk dan TLO.

Asuransi ini dinilai memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya terutama untuk konsumen yang membeli mobilnya secara kredit.

Namun ada batasan waktu dimana asuransi all risk hanya berlaku tahun pertama kemudian selanjutnya akan diterapkan asuransi jenis TLO.

7. Asuransi Mobil Perluasan

Asuransi mobil jenis ini adalah asuransi dimana Anda bisa menambahkan beberapa opsi lainnya untuk melindungi mobil Anda dari berbagai insiden.

Misalnya tempat Anda tinggal adalah wilayah yang mudah terendam banjir, maka Anda bisa menambahkan asuransi perlindungan mobil Anda dari bencana banjir.

Atau Anda juga bisa menambahkan perlindungan karena mobil Anda rusak karena bencana alam yang lain dan beberapa opsi lainnya.

Dari semua jenis asuransi mobil yang telah dijelaskan di atas, maka Anda bisa memilih jenis asuransi baik asuransi mobil konvensional maupun asuransi mobil syariah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika memang tidak membutuhkan asuransi all risk Anda bisa mengambil jenis asuransi yang lainnya.

Karena saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menyediakan jasa asuransi mobil, maka Anda harus memilih perusahaan yang memberikan perlindungan dan pelayanan terbaik.

Untuk mencari perusahaan mana yang cocok Anda bisa menggunakan marketplace asuransi https://lifepal.co.id/.

Selain bisa melihat review dari berbagai perusahaan Anda juga bisa melakukan simulasi pembayaran premi untuk masing-masing jenis asuransi mobil.