Bangun Usaha? Simak 7 Komponen dalam Perencanaan Usaha

Membangun usaha tidak hanya soal melakukan kegiatan produksi dan jual beli, tetapi perlu adanya perencanaan matang sebelum terlaksananya usaha. Untuk anda pemula yang ingin membangun usaha, ada beberapa komponen perencanaan usaha yang wajib diperhatikan.

Komponen Perencanaan Usaha merupakan langkah-langkah yang dilakukan saat akan menjalankan bisnis. Langkah tersebut merupakan upaya untuk mengantisipasi usaha agar berjalan dengan baik dan meminimalkan kerugian.

Komponen dalam Perencanaan Usaha

Apa saja komponen dalam perencanaan usaha tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

1. Elaborasi Usaha

Komponen utama dalam perencanaan usaha adalah elaborasi tujuan dan potensi usaha yang anda lakukan. Deskripsikan usaha secara jelas berdasarkan ide, tujuan, dan potensi usaha anda agar dapat dipahami oleh berbagai pihak terkait seperti calon investor dan mitra bisnis.

Elaborasi usaha yang baik memudahkan stakeholder untuk memahami informasi mengenai usaha anda hingga membuka peluang untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar.

2. Skema Pemasaran

Skema atau strategi pemasaran adalah upaya yang dilakukan untuk membuat target pelanggan menjadi pelanggan produk atau layanan yang dipasarkan. Secara sederhana, skema pemasaran ini meliputi product, price, place, dan promotion.

  1. Product : Memaksimalkan fitur, kualitas, branding, hingga kemasan produk atau layanan anda sehingga menarik calon pelanggan.
  2. Price : Tentukan harga yang layak untuk produk atau layanan. Rencanakan untuk pemberian diskon hingga cara pembayaran yang memudahkan pelanggan.
  3. Place : Rencanakan lokasi untuk memasarkan produk atau layanan anda. Pastikan lokasi tersebut sesuai dengan target pelanggan.
  4. Promotion : Buat strategi promosi meliputi iklan maupun pemasaran secara langsung.

3. Riset dan Analisis Kompetitor

Riset dan Analisis kompetitor untuk membandingkan usaha anda dengan usaha serupa milik perusahaan lain. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki usaha anda dan pesaing, lalu temukan celah agar usaha anda bisa lebih unggul dan menarik pelanggan.

Analisis kompetitor sangat penting dilakukan agar produk anda tidak kalah bersaing di pasar dan usaha anda dapat berkembang lebih baik.

4. Rancangan dan Pengembangan Produk

Preferensi pasar terhadap suatu produk akan terus berubah seiring berjalannya waktu, untuk itu, dalam menjalankan sebuah usaha perlu adanya rancangan dan pengembangan produk, yakni strategi untuk mengembangkan dan memperbaiki produk yang dipasarkan.

Inovasi produk sangat penting untuk menambahkan unsur-unsur baru ke dalam produk untuk menambah nilai produk tersebut sehingga dapat menyesuaikan keinginan dan kebutuhan pasar.

5. Strategi Manajemen dan Operasional

Strategi manajemen dan operasional adalah cara mengelola sumber daya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha anda. Sumber daya ini meliputi tenaga kerja, alat produksi, bahan baku, proses produksi, dan komponen pendukung usaha lainnya.

Manajemen operasional ini perlu direncanakan secara baik agar aktivitas perusahaan dan proses produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Efektif apabila pengelolaan berjalan baik dan menghasilkan produk sesuai tujuan, efisien apabila pemanfaatan sumber daya tenaga kerja, alat produksi dan faktor pendukung usaha lainnya dilakukan secara optimal.

6. Estimasi Keuangan

Komponen yang tak kalah penting dalam perencanaan usaha adalah finansial. Rencanakan keuangan perusahaan anda untuk mengetahui keuntungan dan mengantisipasi kerugian yang akan dihadapi.

Estimasikan biaya yang akan anda keluarkan saat menjalankan usaha, jangan sampai biaya tersebut lebih besar dari hasil yang akan anda peroleh. Adanya perencanaan memberi anda peluang untuk mencari solusi lebih cepat apabila pengeluaran lebih besar.

7. Evaluasi

Setelah semua komponen perencanaan usaha sudah selesai, maka langkah terakhir adalah melakukan evaluasi untuk meninjau ulang apakah perencanaan yang dibuat terdapat kekurangan atau tidak.

Selain itu, penting untuk memastikan usaha anda sudah sesuai dengan preferensi terkini target pasar anda. Inovasi sangat penting untuk membuat usaha anda terlihat unggul dan meyakinkan. Apalagi, perkembangan teknologi kini begitu cepat.

Membangun bisnis saat ini harus pandai berinovasi dengan teknologi terbaru secara terus menerus agar tidak tertinggal. Maka dari itu, perencanaan usaha sangat penting, terutama bagi anda yang pemula.

Namun, bagi anda yang masih bingung bagaimana memulai usaha dari nol, tidak ada salahnya untuk mencari komunitas bisnis yang dapat saling berbagi pengalaman bisnis dari mereka yang sudah atau pernah menjalankan usaha.

Salah satu komunitas bisnis yang dapat anda ikuti adalah Komunitas Partner Gofood (KOMPAG). Komunitas ini cocok untuk anda yang ingin berbisnis di dunia kuliner. Selain bisa mendapatkan ilmu baru, anda juga bisa melakukan kolaborasi bisnis antar anggota.

Daftar menjadi anggota KOMPAG pun sangat mudah, anda juga bisa menjadi partner Gofood dengan mendaftar di Gofood.

Adanya berbagai komunitas bisnis ini semakin memudahkan anda yang ingin membangun usaha. Untuk itu, jangan ragu lagi, segera buat perencanaan usaha anda dan mari bergabung menjadi salah satu anggota KOMPAG.