Microsoft 365: Pengertian, Layanan dan Cara Langganan

Microsoft secara resmi mengubah nama Office 365 menjadi Microsoft 365. Sebagai varian yang disempurnakan, di dalamnya telah mencakup Office 365 dan fitur lain. Anda perlu tahu harga Microsoft 365 Indonesia agar dapat menggunakan layanannya.

Microsoft 365 sangat cocok untuk bisnis kecil, startup, hingga enterprise. Supaya lebih paham, mari simak pengertian, fitur dan layanan Microsoft 365 berikut ini. Ketahui juga manfaatnya untuk pengembangan bisnis Anda.

Apa Itu Microsoft 365? Inilah Bedanya dengan Office 365

Apa Itu Microsoft 365?

Masih banyak yang mengira kalau Microsoft 365 sama dengan Office 365, padahal keduanya memiliki perbedaan. Microsoft 365 pada dasarnya adalah hasil pengembangan dari Office 365.

Office 365 adalah serangkaian aplikasi dan layanan berbasis cloud yang bertujuan mendukung produktivitas bisnis. Ini mencakup beberapa aplikasi, seperti Microsoft Outlook, Word, PowerPoint, Excel, Publisher, dan Microsoft Access.

Layanan Office 365 dapat digunakan setelah membayar biaya berlangganan secara bulanan atau tahunan. Anda bisa memilih paket berlangganan yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Lalu, apa bedanya dengan Microsoft 365?

Microsoft 365 adalah paket layanan yang mencakup Office 365 bersama dengan aplikasi lainnya. Pengguna yang berlangganan Office 365 tidak dapat mengakses Microsoft 365. Tapi, langganan Microsoft Office 365 Indonesia otomatis memiliki akses ke Office 365.

Microsoft 365 adalah kolaborasi cloud berlangganan yang memberikan akses untuk masing-masing penggunanya ke berbagai perangkat dan layanan bisnis. Layanan ini biasa disebut sebagai Software as a Service (SaaS).

Pengembangan Microsoft 365 bertujuan agar perusahaan dapat mengakses semua tools yang dibutuhkan untuk menjalankan infrastruktur. Layanan ini juga memungkinkan sebuah bisnis melakukan tindakan pengamanan terhadap sistem IT di perusahaannya.

Itulah sebabnya, selain terdiri dari Office 365, Microsoft 365 juga dilengkapi dengan Windows 10 dan Enterprise Mobility+Security (EMS). Artinya, pelanggan tak hanya mengakses fitur umum seperti email dan penyimpanan file, namun juga keamanan.

Pelanggan dapat melakukan kontrol terhadap perlindungan data, ancaman siber, serta kontrol terhadap administrasi dan penerapannya. Berikut adalah fitur yang disediakan oleh Microsoft 365.

Fitur yang Disediakan Langganan Microsoft Office 365 Indonesia

Fitur yang tersedia tergantung pilihan paket langganan Microsoft Office 365 Indonesia. Selain fitur populer, seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneNote, Access, dan Publisher, ada aplikasi lain yang berguna namun sering diabaikan. Inilah di antaranya:

Microsoft SharePoint

Microsoft SharePoint adalah platform berbasis web tempat tim dapat berkolaborasi, mengakses, mengelola, dan berbagi data dari mana pun.

Skype for Business

Skype for Business merupakan software yang memiliki fitur aktif, seperti pesan instan, Voice over IP (VoIP), dan konferensi video.

Yammer

Yammer merupakan layanan jaringan sosial milik perusahaan dan alat kolaborasi utama lainnya di dalam Office 365. Karyawan yang memiliki akses ke Yammer akan dapat bergabung dengan obrolan pribadi di dalam perusahaan.

Layanan ini memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi serta berbagi gambar dan dokumen dengan aman. Yammer memungkinkan pesertanya untuk membuat grup sesuai dengan pekerjaan dan atau minat.

Microsoft Teams

Teams dapat menyatukan berbagai aplikasi dari percakapan, konten, dan tools. Anda bisa melakukan panggilan, mengobrol, bergabung dalam rapat, dan melakukan pesan pribadi atau grup. Anda juga mampu berbagi aplikasi, kalender, file, dan email.

Microsoft 365 dikembangkan untuk menghasilkan efisiensi dan produktivitas yang lebih baik. Meski butuh penyesuaian dalam penerapannya, namun penggunaannya memberikan banyak manfaat bagi perkembangan bisnis.

Keuntungan Menggunakan Microsoft 365 bagi Bisnis

Microsoft 365 menawarkan banyak alat, aplikasi, dan fitur untuk meningkatkan kemampuan pengguna untuk bekerja, berkolaborasi, dan berkomunikasi. Berikut adalah 3 keuntungannya untuk bisnis:

1. Mendapat Dukungan Penuh dari Microsoft

Semua aplikasinya dikelola dan didukung penuh oleh Microsoft, baik penambahan fitur, perbaikan bug, hingga peluncuran aplikasi baru. Interaksi antar aplikasi akan berjalan dengan lancar karena semua aplikasi berada dalam satu platform.

2. Lebih Fleksibel

Karena Microsoft 365 berbasis cloud, Anda dapat bekerja secara bersamaan pada dokumen yang sama dengan tim kerja di berbagai tempat. Selama ada akses internet, Microsoft 365 akan menghubungkan tiap personel dari lokasi manapun.

3. Meningkatkan Kolaborasi

Fitur SharePoint memudahkan staf berbagi tautan ke dokumen dan bekerja secara bersamaan dengan staf lain. Beberapa pengguna dapat mengedit dan memperbarui file dalam aplikasi Office secara real-time dan siapa yang melakukannya dapat diidentifikasi.

Microsoft 365 adalah platform berbasis langganan. Pilihlah paket layanan sesuai dengan kebutuhan agar efektif dan efisien.

Cara Berlangganan Microsoft 365 yang Aman dan Mudah

Harga Microsoft 365 Indonesia bervariasi tergantung paket yang dipilih. Jika ingin mendapatkan layanan yang mudah, aman, dan harganya terjangkau, maka Anda bisa menggunakan provider CBNCloud.

provider CBNCloud

CBNCloud telah tepercaya dalam memberikan layanan kolaborasi cloud yang aman dan handal. Kolaborasi cloud membuat Anda dapat tetap bekerja tanpa batasan ruang, jarak dan waktu menggunakan software yang mendapat dukungan penuh oleh Microsoft.

CBNCloud menawarkan ragam paket, yaitu Microsoft 365 Business Basic, Standard, Premium, dan lainnya. Hubungi CBNCloud di nomor +6221 2996 4977 ext. 6800 atau email sales@cbncloud.co.id untuk mendapatkan info harga Microsoft 365 Indonesia.