10 Spot Wisata Dieng yang Memesona

Dieng adalah sebuah desa di Banyuwangi yang memiliki spot wisata memesona dan menakjubkan. Sesuai namanya, Dieng berasal dari bahasa sanskerta yaitu Die dan Hieyang atau Indah dan Langka.

Keindahan alam Dieng memang langka dan membuat wisatawan jatuh cinta dengan desa yang memiliki luas wilayah 2.82km2 ini. Menariknya terdapat banyak spot wisata yang akan memanjakan mata dan menenangkan hati.

Objek Wisata Dieng yang Memesona

Objek Wisata Dieng yang Memesona

Sebagai desa yang berada di dataran tinggi, Dieng menyimpan objek wisata yang memesona. Cocok banget untuk menghilangkan penat dari pekerjaan yang menumpuk.

Berikut ini list spot wisata Dieng yang wajib dikunjungi saat liburan di Kabupaten Wonosobo.

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Di sini adalah tempat yang cocok untuk melihat matahari terbit. Bahkan mendapat julukan sebagai Golden Sunrise.

Selain itu panorama alam sekitarnya tidak akan mengecewakan. Pengunjung dapat melihat Gunung Sindoro, Merbabu, Sumbing, dan Merapi dengan jelas.

2. Kawah Sikidang

Spot wisata Kawah Sikidang berlokasi tidak jauh dari Bukit Sikunir. Jadi, kamu bisa memilih paket wisata dieng untuk menikmati semburan uap dari aktivitas vulkanik Kawah Sikidang.

3. Telaga Warna

Di Dieng terdapat sebuah telaga yang airnya dapat berubah warna yaitu Telaga Warna. Perubahan warna air telaga menjadi warna merah, hijau, kuning, biru, hingga warna pelangi.

Perubahan warna tersebut disebabkan oleh kandungan sulfur yang tinggi. Sehingga, saat sinar matahari mengenai air telaga maka warnanya akan berubah.

4. Mendaki Gunung Prau

Traveling ke Dieng tidak salahnya jika coba mendaki Gunung Prau. Gunung dengan tinggi 2.590 mdpl ini cocok untuk pendaki pemula. Karena, untuk mencapai puncak memerlukan waktu sekitar 3-5 jam tergantung jalur pendakian yang dipilh.

Keindahan yang dimiliki Gunung Prau yaitu padang rumput yang terbentang luas di puncak gunung.

5. Candi Arjuna

Selain objek wisata alam, Dieng juga memiliki spot wisata komplek candi-candi. Ada Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembrada.

Candi Arjuna dibangun untuk menyembah dewa Syiwa dan hingga sekarang masih digunakan untuk sembahyang dan pemotongan rambut gimbal. Sedangkan, daya tarik dari Candi Arjuna yaitu panorama alam sekitar dan ornamen candi yang menunjukkan tahun pembangunannya.

6. Telaga Merdada

Pesona Telaga Merdada akan membuat pengunjung merasa tentang dan tentram, karena telaga terluas di Dieng ini dikelilingi oleh ladang pertanian. Menariknya, permukaan ladang yang miring karena mengikuti kontur tanah membuat pemandangan talaga semakin eksotis.

7. Petak 9 Dieng

Petak 9 Dieng memiliki nama lain Bukit Sidengkeng. Ini adalah spot wisata Dieng yang paling cocok untuk menyaksikan perubahan warna air di Telaga Warna.

Kamu bisa memilih paket tour Dieng untuk bisa mendatangi Petak 9 Dieng karena lokasinya tidak jauh dari Bukit Sikunir.

8. Telaga Menjer

Seperti Kawah Sikidang, Telaga Menjer terbentuk karena adanya aktivitas vulkanik. Bedanya Telaga Menjer dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Walau begitu, karena memiliki keindahan alam yang memesona banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas memancing.

9. Lubang Sewu

Tidak perlu ke Amerika untuk menikmati keindahan Grand Canyon karena Dieng juga memiliki spot wisata yang sama kerennya yaitu Lubang Sewu.

Ketika musim kemarau dan air bendungan mengering maka pemandangan yang disuguhkan adalah bebatuan putih dengan tekstur berlubang yang eksotis.

10. Telaga Cebong

Jika kamu suka camping maka Telaga Cebong adalah spot wisata Dieng yang bisa dikunjungi. Di sini, kamu juga bisa mengelilingi telaga dengan menyewa perahu sambil menikmati panorama alam perkebunan warga.

Julukan lain dari Telaga Cebong adalah Telaga di Atas Awan. Dimana telaga ini berada di ketinggian 2.300 mdpl.

Tidak diragukan lagi Dieng salah satu desa dataran tinggi di Wonosobo cocok menjadi tujuan wisata saat liburan tiba. Banyaknya spot wisata dieng dengan keindahan alam memesona menjadi daya tarik utama wisatawan.

Spot Wisata Dieng yang Memesona

Untuk menikmati semua keindahan alam Dieng di atas kamu bisa memilih paket tour Dieng. Untuk informasi lengkapnya silahkan mengunjungi link https://wikipedieng.com/dieng/paket-wisata/.