4 Poin Penting Saat Membeli Mobil Pertama Anda

Mobil pertama yang Anda beli, tentunya juga akan membutuhkan asuransi mobil untuk melindunginya. Penggunaan asuransi mobil akan membuat Anda menjadi lebih aman ketika melakukan perjalanan. Pasalnya, sudah ada payung yang akan menjamin mobil Anda.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil

Poin Penting Saat Membeli Mobil Pertama Anda

Sebelum melangkah kepada pembahasan mengenai asuransi mobil, ada empat hal penting yang harus diperhatikan saat membeli mobil pertama Anda.

1. Sesuaikan Bujet

Uang adalah hal yang sangat sensitif untuk dibahas dalam kondisi apapun, bagaimanapun, dimanapun, dan kapanpun. Normalnya, orang yang dalam kondisi keuangan stabil sekalipun akan tetap terus menghitung dan menjaga uangnya.

Saat Anda ingin membeli mobil pertama pun juga harus memperhitungkan anggaran biaya yang harus dikeluarkan untuk membelinya. Besarnya bujet yang akan Anda keluarkan untuk mobil pertama juga harus mempertimbangkan pengeluaran untuk kebutuhan lainnya.

Mobil merupakan kebutuhan tersier yang sebenarnya fungsinya masih bisa digantikan dengan alternatif lainnya, bila dana yang Anda miliki belum cukup untuk membelinya. Bagaimanapun juga Anda harus lebih memprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan primer dan sekunder.

Terutama jika Anda adalah seorang kepala keluarga. Anda bisa menyesuaikan alokasi dana untuk membeli mobil setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhui. Ada baiknya jika Anda mengumpulkan dananya terlebih dahulu sampai cukup untuk membelinya secara cash.

Menurut para pengamat keuangan, bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil dan rumah hunian, sebaiknya membelinya secara tunai. Saran ini tentunya berdasarkan beberapa pertimbangan, salah satunya yaitu karena perbandingan harga dari kedua cara pembeliannya.

2. Program Penjualan

Untuk memiliki mobil, Anda bisa mendapatkannya dengan cara membelinya pada dealer resmi

ataupun tempat usaha jual beli mobil second milik seseorang. Kedua cara pembelian ini biasanya menawarkan berbagai program penjualan di sepanjang waktu agar terus menarik pelanggannya.

Program-program yang ditawarkan biasanya berbeda-beda di setiap waktunya. Pada umumnya yang sering digunakan yaitu program promo, diskon, dan kupon. Setiap program tersebut memiliki syarat dan ketentuan masing-masing yang dibelakukannya agar bisa Anda gunakan.

Dari sekian banyaknya tawaran program promo, diskon, dan kupon, ada satu program yang tak pernah ditinggalkan. Program yang dimaksud yaitu promo akhir tahun. Pasalnya, pada akhir tahun dari pabrikan otomotifnya sudah memberikan promo penjualan akhir tahun.

Disamping itu, pabrik otomotif juga biasanya mengeluarkan berbagai produk barunya di akhir tahun. Sehingga calon pelanggan akan lebih tergoda dengan banyaknya pilihan yang ada. Berawal dari ketertarikan inilah kemudian mereka akan berusaha keras untuk mendapatkannya.

Jangan terburu-buru, Anda bisa melakukan survei dan mencari info terlebih dahulu mengenai program-program yang sekiranya akan mereka tawarkan. Amatilah program mana yang paling menguntungkan untuk Anda. Biasanya program tersebut akan terus berulang setiap tahunnya.

3. Skema Pembayaran

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil, ada baiknya jika Anda mencermati skema pembayaran yang ditawarkan. Idealnya memang lebih baik jika membeli sesuatu secara tunai. Akan tetapi, terkadang kenyataan tidak sesuai dengan rencana yang dicanangkan.

Meskipun Anda menginginkan untuk membayar secara tunai, namun jika kenyataan mengharuskan untuk kredit, maka sebaiknya perhatikan skema pemabyarannya. Jika Anda belum memahami mengenai skema pembayarannya, tanyakan saja langsung kepada petugas.

Biasanya skema pembayaran yang ditawarkan berupa ringannya suku bunga, rendahnya biaya untuk uang muka, dan panjangnya tenor serta ringannya cicilan. Diantara beberapa skema tersebut, pilihlah yang sekiranya paling nyaman dan aman bagi kantong Anda.

4. Test Drive

Setelah memperhatikan tiga poin di atas, ada satu hal lagi yang penting untuk dilakukan saat membeli mobil pertama Anda. Anda harus melakukan test drive sebelum membawanya pulang ke rumah.

Test drive ini berlaku baik untuk pembelian mobil baru ataupun pembelian mobil second. Setelah melakukan test drive, Anda bisa mengetahui kualitas dari mobil yang akan dibeli tadi. Sehingga Anda tidak akan kecewa setelah membawanya pulang nanti.

Asuransi Mobil MSIG

Saat ini ada banyak tawaran asuransi mobil yang bisa dipilih di setiap dealer resmi. Anda bisa menggunakan asuransi mobil MSIG untuk melindungi benda kesayangan yang satu ini. Perusahaan asuransi MSIG ini sudah berdiri sejak tahun 1975.

Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta ini sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan. Ia tidak hanya menawarkan asuransi mobil saja, tapi juga menawarkan asuransi kecelakaan, Tanggung Gugat Lihat, perjalanan, properti, kargo, kebakaran, harta benda, siber, teknik, dll.

Dengan menggunakan asuransi mobil MSIG, maka Anda bisa mendapatkan ganti rugi jika terjadi kerusakan maupun kehilangan pada mobil yang diasuransikan. Besarnya biaya yang harus Anda bayarkan bisa saja berbeda dengan premi yang orang lain bayarkan.

Besaran premi ini bergantung pada tipe polis, nilai dari barang yang diasuransikan, dan profil dari calon pelanggan. Bahkan Anda bisa mendapatkan harga premi untuk asuransi mobil yang besaran pembayarannya kurang dari Lima Puluh Ribu Rupiah setiap bulannya jika membeli lewat Lifepal.